Sabtu, 14 Juni 2014

Cara cepat membedakan udang segar dan tidak

Udang, merupakan salah satu jenis makanan seafood yang banyak digemari oleh pecinta makanan seafood. Hal ini karena udang memiliki tesktur yang lebut dan rasa yang gurih. Tetapi apabila kita memakan udang yang dalam kondisi tidak segar, maka dapat menyebabkan keracunan makanan dan alergi pada kulit. Untuk itu, sangat penting unuk dapat memilih mana udang yang segar atau tidak, berikut beberapa tips untuk memilih udang segar yang dapat anda lakukan:
1.       Udang yang segar biasanya khas yaitu aroma air laut. Untuk itu sebaikknya anda hindari membeli udang yang mengeluarkan bau yang menyengat dan tajam.
2.       Belilah udang dalam keadaan utuh, dimana masih terdiri dari kepala, badan, dan buntut dengan kulit yang masih melekat. Jika anda membeli udang yang sudah dalam keaadan terkupas dan tidak utuh, periksa kembali apakah udang tersebut mengeluarkkan cairan berwana kuning dibagian atas. Jika ya, berarti udang tersebut sudah tidak segar dan mendekati busuk.
3.       Jangan memasak udang dalam jangka waktu yang lama. Hal tersebut dapat menghilangkan rasa kas dari udang yang anda masak.
4.       udang yang segar, pada saat dimasak akan mengeluarkan warna merah yang berubah agak ke orange. 
5.       Untuk menjaga udang yang dalam keadaan beku agar tetap fresh, maka rendamlah udang beku dengan air dingin, jangan dengan air panas. Air panas dapat menghilangkan kesegaraan udang itu sendiri. 

Sumber : infojajan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar