Rabu, 11 Juni 2014

Trik Agar Daging Cepat Empuk Saat Dimasak


Salah satu permasalahan yang sering dihadapi ketika mengolah daging, baik daging sapi atau daging kambing, adalah daging terasa alot saat dikunyah. Hal ini tentu sangat menyebalkan. Tapi jangan khawatir. Untuk menyiasatinya, menurut Chef Agus Sasirangan, jebolan MasterChef Indonesia, lebih baik jangan mencuci daging kambing dengan air.
"Sebagai solusinya, kita bisa merendam daging kambing menggunakan nanas parut dengan airnya. Proses perendaman ini berlangsung sekitar 15 menit," kata Chef Agus Sasirangan.

Selain itu, untuk membuat daging cepat empuk, bersihkan bagian lemak daging namun sisakan sedikit saja untuk penyedapnya. Setelah dibersihkan dari lemak, masukkan daging ke dalam freezer selama sekitar 90 menit. Jangan sampai daging mengeras.
Keluarkan daging dari freezer, dan pukul-pukul dengan palu daging pada kedua sisinya agar tekstur daging lebih empuk. Untuk hasil maksimal, selain memakai nanas yang diparut, bungkus daging dengan daun pepaya saat dipukul dengan palu daging. Getah pepaya mengandung papain yang dapat membuat daging lebih empuk.
Yang perlu Anda perhatikan juga, menurut Wikihow, jangan memotong daging dengan mengikuti arah seratnya. Potonglah berlawanan dengan arah serat daging. Tujuannya adalah untuk menghambat bersatunya serat daging saat proses pemasakan. Dengan demikian, daging akan jadi lebih empuk.

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar